About UPA PKK (CDC)

Unit Penunjang Akademik Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (Career Development Center) mengemban tugas untuk dapat menjadi pusat sistem pendidikan dan pelatihan yang diperuntukkan bagi alumni Politeknik Negeri Jakarta. Lulusan/alumni PNJ menjadi sebuah komponen yang sangat penting dalam rangka meningkatkan akreditasi sebuah perguruan tinggi. Keberadaan unit UPA PKK / CDC menjadi bagian yang sangat penting di perguruan tinggi, tak terkecuali Politeknik Negeri Jakarta. Adapun tugas-tugas yang dapat diemban oleh unit UPA PKK / CDC dirangkum berdasarkan kebutuhan-kebutuhan sebagai berikut.

1.   Alumni

UPA PKK / CDC memberikan informasi terbaru kepada para alumni tentang lowongan kerja, rekruitmen tenaga kerja, dan melalui UPA PKK / CDC alumni juga dapat memantau berbagai kegiatan tentang informasi pekerjaan yang ada berbagai tempat.

2.   Tracer Study untuk Akreditasi Kampus

UPA PKK / CDC merupakan salah aspek yang sangat penting untuk meningkatkan akreditasi yang merupakan keberhasilan lulusan di dalam dunia kerja. UPA PKK / CDC PNJ mengemban tugas untuk dapat mengintegrasikan tracer study semua jurusan dan program studi yang pada akhirnya terpusat. Akreditasi merupakan upaya pemerintah untuk menjamin mutu alumni dari sebuah perguruan tinggi. Dengan demikian, maka disinilah kampus sangat perlu kepada pusat karier untuk memantau keberhasilan lulusan di dunia kerja.

3.   Mengetahui Outcome Pendidikan yang Dihasilkan oleh Perguruan Tinggi

Pada aspek ini perguruan tinggi pasti akan menghasilkan hasil/outcome. Untuk itu, bagaimana perguruan mengetahui outcome sehingga dapat bermanfaat dalam perubahan kondisi sosial, budaya, ekonomi masyarakat. Oleh karena itu, kampus sangat perlu kepada pusat karier untuk menampung semua aspirasi alumni dalam pengembangan pembangunan sesuai dengan program studi yang digeluti semasa kuliah.

4.   Mengetahui Kontribusi Perguruan Tinggi terhadap Kompetensi yang ada di Dunia Kerja

Aspek ini merupakan misi dari sebuah perguruan tinggi untuk menjadikan mahasiswanya berkompeten pada program studi yang mereka pilih. Sedangkan untuk mengetahu seberapa berhasil alumninya, maka kampus perlu menyediakan sistem untuk mengukur kontribusi alumni terhadap kampus. Di samping itu, alumni juga dipermudah untuk memberikan informasi tentang karier dan data domisili para alumni serta dapat juga menginfokan kontribuasinya dalam dunia kerja. Hal tersebut dapat juga dijadikan alat evaluasi perguruan tinggi dalam memperbaiki kurikulum program studi.

5.   Monitoring Lulusan Perguruan Tinggi Ketika Memasuki Dunia Kerja

Perguruan tinggi menjadi tempat berkumpulnya mahasiswa dari seluruh Indonesia dalam jumlah yang sangat luar biasa. Pada setiap semester atau tahun setiap meluluskan alumninya minimal 2 periode wisuda. Lulusan akan menyebar keseluruh instansi dan dunia kerja. Maka diperlukan strategi untuk merancang dan mempromosikan dari segi geografis atau pun instansi. Untuk merancang berbagai strategi tersebut dari lulusan diperlukan kepada situs alumni yang memberikan kemudahan kepada laumni untuk meng-update kondisi terbaru. Ini akan memudahkan pihak kehumasan kampus dalam menjaring mahasiswa baru pada daerah yang geografis lulusan atau jaringan kerja pada instansi lulusan.

6.   Membangun Silaturahmi dengan Alumni

Pada aspek ini perlu dibangun silaturahmi antara alumni dan almamater karena ikatan itu akan mengahasilkan kemanfaatan, baik bagi alumni maupun perguruan tinggi. Menyadari pentingnya hal ini, hampir di setiap perguruan tinggi membuat organisasi kealumnian masing-masing. Kekerabatan dan jaringan relasi dengan alumni akan semakin erat karena dengan memanfaatkan teknologi internet maka dimungkinkan interaksi tanpa batasan tempat dan waktu. Melalui aplikasi tracer study kampus dapat mewujudkan hal tersebut.

7.   Evaluasi Perguruan Tinggi

Evaluasi adalah keharusan bagi perguruan tinggi yang ingin meningkatkan mutu karena  dengan evaluasi dapat dijadikan dasar pengambilan keputusan terkait tingkat keberhasilan yang telah dicapai dan tindakan selanjutnya yang diperlukan. Selain pada peningkatan skill yang dibutuhkan industri dengan menambah mata kuliah tertentu, evaluasi juga bisa dijadikan bahan pengkajian permasalahan manajemen seperti alur pendaftaran mahasiswa baru yang lebih mudah sesuai kondisi geografis atau hal lain dari kolom sumbang saran alumni.

Ada beberapa hal yang dikembangkan dalam UPA PKK / CDC, yaitu Pengembangan Karier, Rekruitmen, Kewirausahaan dan Tracer Study yang di dalamnya juga terdapat tracer terhadap kepuasan industri. Dengan ketiga fokus pengembangan tersebut diharapkan UPA PKK / CDC dapat mewujudkan beberapa program yang akan membantu alumni dalam mewujudkan akreditasi Kampus yang lebih baik lagi ke depan. (Linda)


Share :


File Nama File Format Type
WhatsApp Image 2022-01-19 at 07.26.24.jpeg image/jpeg