Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV

Menulis pengalaman kerja di CV (Curriculum Vitae) adalah bagian penting dalam menyoroti kemampuan dan pencapaian Anda kepada calon pemberi kerja. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk menulis pengalaman kerja di CV:

1. Format yang Jelas dan Tertata

  • Mulailah dengan format yang jelas dan terstruktur. Tulis informasi secara kronologis atau berdasarkan kepentingan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

2. Detail Posisi dan Perusahaan

  • Tuliskan nama perusahaan tempat Anda bekerja beserta periode waktu (bulan dan tahun) Anda bekerja di sana.

3. Jabatan dan Tanggung Jawab

  • Jelaskan jabatan Anda secara spesifik. Kemudian, tuliskan tugas dan tanggung jawab Anda dengan jelas dan terperinci. Gunakan poin-poin yang teratur untuk menjelaskan pencapaian Anda.

4. Gunakan Kata Kerja yang Kuat

  • Gunakan kata kerja yang kuat dan spesifik dalam mendeskripsikan tugas Anda seperti mengelola, mengkoordinasi, mengembangkan, memimpin, atau mencapai.

5. Fokus pada Pencapaian

  • Soroti pencapaian Anda selama bekerja di perusahaan tersebut. Misalnya, peningkatan penjualan, penghematan biaya, pengembangan proyek, atau apresiasi dari atasan.

6. Kuantifikasi Jika Dapat

  • Jika memungkinkan, kuantifikasi pencapaian Anda. Misalnya, "Meningkatkan penjualan sebesar 30% dalam waktu 6 bulan" atau "Mengelola tim proyek dengan anggaran $100,000".

7. Tekankan Keterampilan yang Relevan

  • Tekankan keterampilan yang Anda gunakan atau kembangkan selama bekerja, seperti keterampilan komunikasi, kepemimpinan, pemecahan masalah, atau keahlian teknis yang relevan.

8. Sesuaikan dengan Posisi yang Dilamar

  • Sesuaikan deskripsi pekerjaan dengan posisi yang Anda lamar. Sorot pengalaman dan pencapaian yang paling relevan dengan persyaratan pekerjaan tersebut.

9. Akhiri dengan Tindakan atau Hasil

  • Sebaiknya akhiri deskripsi pengalaman kerja dengan hasil yang positif atau tindakan yang Anda ambil yang memiliki dampak baik bagi perusahaan.

10. Cek Ulang dan Perbarui

  • Pastikan untuk mengecek ulang tata bahasa, ejaan, dan konsistensi format dalam setiap deskripsi pekerjaan Anda. Perbarui informasi terbaru jika ada perubahan.

Ingatlah, tujuan dari bagian pengalaman kerja di CV adalah untuk menyoroti kemampuan, pencapaian, dan pengalaman Anda secara efektif. Pastikan deskripsi yang Anda tulis relevan dengan posisi yang Anda lamar dan menjadikan Anda sebagai kandidat yang menonjol.

 

UPA Pengembangan Karir dan Kewirausahaan


Share :


File Nama File Format Type